Rabu, 16 Juni 2010

Bahaya minuman kaleng (softdrink)

Minuman bersoda telah lama dicurigai dapat mempercepat pengeroposan tulang. Hal tersebut telah dibuktikan melalui
penelitian yang dipimpin oleh Robert Heaney dan karen Raerty. ahli tulang dari Universitas Creighton, pusat riset osteoporosis di Nebraska, Amerika Serikat.

Pada penelitian tersebut, dilibatkan 30 responden perempuan, berusia 20-40 tahun, yang terbagi dalam tiga kelompok dalam perlakuan yang berbeda. Selama penelitian berlangsung, responden pada kelompok pertama mengkomsumsi minuman bersoda tanpa kafein, dan yang kedua minuman bersoda plus kafein, dan kelompok terakhir mengkomsumsi susu sebagai pembanding.

Hasil penelitian tersebut, dilaporkan bahwa baik responden yang mengkomsumsinminuman bersoda dengan kandungan kafein atau tidak berkafein, sama-sama mengalami kalsiuria (pembuangan kalsium secara berlebihan melalui urin), yang merupakan salah satu penyebab terjadinya osteoporosis.

nah bagi yang sering atau suka dengan minuman bersoda mulai deh untuk menahannya.....gimana?mau pencegahan lebih dini atau menyesal di kemudian hari?
Karena selain resiko osteoporosis, minuman bersoda juga mengandung kadar gula tinggi, yang berisiko timbulnya penyakit diabetes melitus.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LATEST NEWS