Rabu, 16 Juni 2010

Otot Terpenting Dalam Tubuh

Organ tubuh yang terpenting adalah jantung. Ukurannya kira-kira sekepalan tangan orang dewasa dan tersusun dari otot jantung. Sel otot jantung bercabang dan mempunyai satu atau dua nuklei. Seperti sel otot sadar, otot jantung mengandung filamen tebal dan tipis, walalupun tidak tersusun dalam suatu pola yang teratur. Otot jantung hanya terdapat di jantung. Otot ini bukan otot sadar, fungsinya adalah membuat jantung terus berdenyut sepanjang hidup kita.

Jantung bertugas memompakan darah yang mengandung oksigen dan sari makanan ke seluruh tubuh. Ketika kita berolahraga, jantung berdenyut lebih cepat untuk memompakan darah dan memenuhi kebutuhan tubuh akan oksigen yang meningkat. Bila kita sedang ketakutan, jantung juga berdenyut lebih cepat sehingga otot siap bekerja keras bila perlu.

Setiap sisi jantung mempunyai dua ruangan, satu bilik dan satu serambi. Sisi atas disebut serambi, atria, atau aurikel, berdinding tipis dan membesar bila dimasuki darah. Sisi bawahnya yang disebut bilik atau ventrikel, berdinding lebih lebar dan lebih tipis. Sisi atas dan bawah dihubungkan dengan sebuah katup. Sisi kiri jantung yang lebih berotot bertugas memompakan darah ke seluruh tubuh, sementara sisi kanan hanya terlibat dalam peredaran darah kecil. Waktu yang dibutuhkan oleh darah untuk mencapai setiap sel di dalam tubuh kira-kira 20 detik.

Jantung terdiri dari empat bagian, dua serambi (atrium) sebagai ruang penerima dan dua bilik (ventrikel) sebagai ruang pemompa. Bagian tengah jantung dibagi oleh dinding otot yang tebal yang disebut septum. Darah dari vena yang mengandung karbon dioksida mengalir ke serambi kanan dan dipompakan ke bilik kanan, kemudian ke paru-paru untuk menukar karbon dioksida dengan oksigen. Darah yang mengandung oksigen mengalir dari paru-paru ke serambi kiri dan dipompakan dari bilik kiri ke arteri untuk diedarkan ke seluruh tubuh.

Semua pembuluh darah yang membawa darah keluar dari jantung disebut pembuluh arteri (pembuluh nadi), dan yang kembali ke jantung disebut pembuluh vena (pembuluh balik). Pembuluh arteri lebih tebal dan berotot karena harus menahan tekanan yang lebih besar.

Otot jantung mendapatkan pasokan darah dari arteri koronari. Jantung berdenyut tanpa berhenti sepanjang hidup kita. Setiap hari jantung harus memompa kira-kira 7.570 liter darah. Untuk melakukan hal ini, jantung berdenyut, atau berkonstraksi dan berelaksasi, rata-rata 70 kali per menit.

Denyut jantung yang terus menerus menimbulkan gelombang untuk menekan darah agar mengalir ke pembuluh arteri. Ini disebut detak atau pulse. Tempelkan jari anda pada nadi pergelangan tangan dan rasakan detak nadi anda.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini

LATEST NEWS